Selasa, 01 November 2016

Tanaman Mangga Dalam Pot

Tanaman Buah Mangga

Budidaya tanaman mangga dapat dilakukan dimana saja, baik yang memiliki area luas maupun yang sempit. Jika lahan cukup luas, tentu akan memudahkan proses budidaya. Namun bagaimana jika lahan Anda minim? Maka solusi terbaiknya ialah dengan menanam mangga dalam pot. Tanaman mangga dalam pot akan lebih memudahkan Anda. Selain itu efektif dalam mengelola lahan sempit.

Cara budidaya tanaman mangga dalam pot

Agar tanaman buah dalam pot dapat tumbuh dengan baik, maka Anda dapat mengikuti beberapa langkah budidaya tanaman buah jenis ini dalam pot yang tepat :

  1. Pilih bibit yang sesuai dengan varietasnya. Anda dapat memilih jenis mangga yang cepat berbuah, seperti jenis manalagi atau arumanis. Upayakan menanam bibit dengan metode cangkok maupun hasil okulasi. Ini akan memungkinkan berbuah lebih cepat.
  2. Gunakan pot yang ringan dan tak gampang pecah. Selain itu, pilihlah dasar pot yang berlubang sekitar 4-6 buah dengan diameter lubang 1-2 cm.
  3. Sesuaikan ukuran pot dengan tinggi tanaman. Misalnya saja jika tanaman memiliki tinggi 1,5 meter, maka pilih pot dengan diameter drum 60 cm yang terlebih dulu Anda potong setengah bagian.
  4. Untuk menanam bibit, terlebih dulu Anda harus mengisi pot dengan pecahan batu bata atau genteng dengan tebal 5-10 cm. Kemudian masukkan perpaduan media di pot dengan merata, upayakan sampai setengah bagian pot. Lalu jika terdapat ruang kosong yang ada di sekitar bola akar, maka isi ulang dengan media campuran tadi hingga permukaan atas pot.
  5. Upayakan bekas sambungan masih nampak 10-15 cm pada atas permukaan media, barulah guyur dengan air.
  6. Di awal kegiatan penanaman, Anda harus menyiram tanaman dalam pot di tiap pagi dan sore. Apabila media yang digunakan dalam pot mudah kering, maka Anda dapat melakukan proses pemberian air 2 kali sehari. Selain itu, jangan menyiram secara berlebihan.
Cara memanen tanaman

Tanaman mangga yang ditanam dalam pot dengan metode cangkok akan berbuah di usia 4 tahun, sedangkan untuk mangga yang diokulasi akan berbuah di usia yang lebih cepat dari itu, tergantung teknik okulasinya. Di pertama panen hanya akan ada 10-15 buah, namun pada tahun ke 10 volume buah dapat meningkat, mulai dari 300 sampai 500 buah per pohon. Saat proses panen berlangsung, Anda harus menghindari pemotongan, pencongkelan atau membuat buah terjatuh bahkan sampai buah lecet pada saat memetiknya.

Petik buah pada sore hari dengan media pisau yang tajam, atau menggunakan galah yang pada ujungnya terdapat pisah yang lengkap dengan penangkap buahnya. Di negara kita yakni Indonesia, tanaman mangga akan berbunga pada satu tahun sekali. Anda dapat mencoba menanam mangga menggunakan pot.

Adapun bagi anda yang ingin memiliki tanaman buah jenis ini di rumah atau taman anda tanpa harus repot-repot menanam sendiri, anda dapat membelinya dari kami. Kami menyediakan berbagai tanaman buah mangga baik yang ditanam dalam pot maupun tanaman buah mangga biasa. Silahkan hubungi kami pada kontak yang tersedia.

Demikian, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Bibit Tanaman Buah | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy