Selasa, 01 November 2016

Tabulampot Buah Naga

Tanaman Buah Naga

Apa Anda mengenal buah naga? Tentu anda sudah mengenalnya. Buah yang satu ini masuk dalam golongan tanaman kaktus. Buah yang unik ini bisa Anda miliki sendiri di rumah. Lahan yang sempit di rumah bisa disiasati dengan tabulampot buah naga.

Tanaman buah naga ini memiliki struktur batang yang tidak terlalu kokoh. Tanaman ini tidak berkayu dan bergerak menjalar. Meski demikian tanaman dengan buah berbentuk unik dan manis dimakan ini tetap bisa ditanam dan dirawat dengan mudah di dalam pot.

Tentu Anda ingin mudah merawat tanaman ini bukan. Maka dari itu lebih efektif menanam tanaman tersebut dalam pot. Lalu bagaimana membuat tabulampot buah jenis ini dengan cara yang mudah? Simak sekilas panduannya berikut ini.

Tabulampot Buah Naga Memerlukan Pot yang Tepat

Tentu Anda menginginkan tabulampot buah yang ditanam bisa berbuah lebat. Namun bagaimanakah caranya?

Anda perlu menyiapkan pot yang paling tepat dahulu. Terdapat beberapa pilihan jenis pot yang ada di pasaran dengan berbagai ukuran dan bahan. Ada pot yang terbuat dari semen, tanah liat, plastik, atau bekas drum yang bisa kita potong dan manfaatkan.

Tetapi, untuk tabulampot buah naga, sebaiknya menggunakan pot berbahan dasar tanah liat. Mengapa? Sebab pada tanaman buah jenis ini memerlukan perubahan suhu secara drastis dari siang ke malam saat proses pembungaan.

Ukuran pot juga perlu diperhatikan. Ukuran pot yang digunakan semakin besar akan semakin baik untuk menanam buah naga ini. berapa ukuran yang pas? Setidaknya gunakan pot dengan diameter minimal 40 cm.

Tabulampot Buah Ini Membutuhkan Tiang Penopang

Sama halnya dengan menanam buah naga pada lahan yang luas. Tabulampot buah jenis ini juga membutuhkan tiang penopang. Tiang penopang ini nanti akan berfungsi sebagai penyangga percabangan tanaman buah naga supaya tidak roboh. Sebaiknya pilih penyangga yang kuat, bisa dari besi maupun kayu.

Tabulampot Buah Ini Juga Harus Memperhatikan Media Tanam

Persiapan media tanam untuk tabulampot buah jenis ini adalah hal yang wajib dalam proses penanaman. Media tanam yang dibutuhkan adalah pasir, tanah, pupuk kandang, serta pupuk kompos. Perbandingan antara keempat komposisi tersebut adalah 2:1:3:1.

Setelah media tanam tersebut dicampurkan maka siram dengan air hingga penuh dan biarkan terlebih dahulu media tersebut selama sehari semalam. Baru kemudian Anda tanam bibit buah naga ke media tanam tersebut.

Memilih Bibit yang Berkualitas untuk Tabulampot

Bibit buah naga juga perlu dilakukan seleksi. Mengingat ini nantinya akan jadi tanaman baru yang diharapkan menghasilkan buah yang lebat. Bibit buah naga yang bagus adalah dengan panjang batang 30 cm. Pilih bagian batang yang sudah tua dan tidak berpenyakit.

Cara menanam bibit buah naga tersebut juga tidak bisa sembarangan. Ada trik khusus yang harus Anda perhatikan. Saat memasukkan bibit ke dalam pot sebaiknya masukkan dengan kedalaman 10 cm. Lalu tekan media tanam sekitarnya agar bibit tidak mudah roboh. Siram dengan air secukupnya dan letakkan tabulampot buah Anda di teras rumah dan terpapar sinar matahari langsung.

Relatif mudah bukan membuat tabulampot buah naga? Semuanya mudah asalkan Anda tahu cara dan merawatnya dengan benar. Saatnya bagi Anda mempraktekkannya sendiri di rumah. Adapun bagi  anda yang terlalu sibuk untuk menanamnya sendiri, kami menyediakannya untuk anda miliki dengan harga yang relatif ringan di kantong. Dengan membelinya dari kami, anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk memikirkan teknik awal pembibitannya, anda cukup meneruskan dengan melakukan perawatannya saja. Jika anda tertarik untuk membeli tabulampot ini, anda dapat menghubungi :

Dikdik Irianto
Telp/WA : 081288444459

Salam hangat.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Bibit Tanaman Buah | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy