Selasa, 01 November 2016

Tabulampot Jeruk

Tabulampot Jeruk Berbuah Lebat

Salah satu buah yang banyak digemari oleh kebanyakan orang adalah jeruk. Buah kaya vitamin C ini begitu populer dalam masyarakat kita. Ada beragam jenis jeruk manis yang bisa kita tanam di pot. Bagi Anda yang berminat memiliki tanaman sendiri namun tidak memiliki lahan maka bisa manfaatkan tabulampot jeruk.

Tabulampot jeruk pastinya akan memberikan manfaat bagi Anda. Selain itu, tanaman buah dalam pot ini sudah mulai populer dikembangkan. Terlebih minimnya lahan pekarangan, tentu akan sangat terbantu dengan sistem tabulampot ini.

Bagi Anda yang hendak menerapkan sistem tanam tabulampot buah jenis ini, anda harus memperhatikan beberapa langkah dan aturan terkait penanaman dan perawatannya. Semua itu sebenarnya tidak sulit. Berikut sekilas beberapa poin yang harus diperhatikan :

1. Pemangkasan

Pemangkasan pada sistem tabulampot jeruk jadi satu hal yang harus dilakukan. Pemangkasan cabang sekunder pada tanaman jeruk diharapkan dapat memunculkan cabang tersier yang lebih banyak dan disertai bunga. Selain itu juga pangkas bagian cabang yang negatif dan juga daun sebagai upaya pertumbuhan tanaman jeruk.

2. Pemupukan

Pemupukan pada tabulampot buah jeruk manis sebaiknya dilakukan setelah usianya mencapai 1 tahun. Untuk takaran pupuk dapat digunakan 1 sendok makan pupuk untuk pot ukuran 10 liter. Sedangkan ukuran pot yang besar seperti drum dapat memberikan takaran 2-4 sendok makan.

Pemberian pupuk dapat dilakukan 2 cara, dilarutkan atau ditaburkan langsung pada bagian permukaan tanah. Kalau cara pelarutan bisa campurkan pupuk pada 2 liter air. Sedangkan untuk taburan bisa dengan menaburkannya pada lubang di sekeliling tanaman kemudian tutup lubang kembali.

3. Stres air

Melakukan perawatan pada tabulampot buah jeruk juga harus dilakukan stres air. Ini dilakukan jika proses pemupukan tidak berhasil memunculkan bunga pada tanaman. 

Bagaimana cara melakukannya?

Setelah melakukan pemupukan, 2 minggu kemudian letakkan tabulampot pada ruangan terbuka supaya kena sinar matahari. Lakukan ini setiap hari setidaknya selama 1 hingga 2 jam tanpa dilakukan penyiraman saat di letakkan tempat terbuka tersebut. Biarkan hingga tanaman layu namun tidak mati.
Bila sudah layu maka lakukan penyiraman terus sampai tanaman segar. Tapi jangan sampai berlebihan atau kekurangan yang dapat mengakibatkan daun rontok dan mati.

4. Pelukaan

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan pada tabulampot buah jeruk yaitu melakukan pelukaan batang. Pelukaan ini bisa dilakukan dengan cara pencekikan dan pencicinan.
Pencekikan bisa dilakukan dengan mengikat batang menggunakan kawat kencang hingga melukai batang. Sedangkan untuk pencicinan dapat dilakukan dengan mengupas kulit sampai tembus pada kambium tanaman.


Kalau ingin mendapatkan tabulampot jeruk yang manis, maka sangat baik jika anda tambahkan pupuk berunsur K atau meletakkan tabulampot pada ruang terbuka agar terpapar sinar matahari langsung.

Demikian sekilas uraian tentang tanaman buah dalam pot khususnya tanaman buah jeruk yang memang banyak digemari semua kalanngan, semoga  artikel singkat ini bermanfaat..

Salam hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Bibit Tanaman Buah | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy