Rabu, 26 Oktober 2016

Mengenal Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot)

Tabulampot Jeruk Siam

Istilah tabulampot atau tanaman buah dalam dalam  pot mulai terdengar kurang lebih di tahun 1982, dan kemudian makin berkembang dalam kurun waktu 10 tahun setelahnya. Saat ini istilah tabulampot sudah bukan merupakan istilah yang asing lagi di masyarakat, khususnya bagi mereka yang memiliki hobi dalam bidang tanaman maupun para praktisi tanam-tanaman hias maupun tanaman buah. 

Di masa-masa awalnya, tabumapot sebetulnya berasal dari usaha pembibitan buah-buahan yang tidak terjual alias tidak laku, sehingga pemiliknya berinisiatif untuk menanamkan bibit yang tidak laku tersebut ke dalam pot. Ternyata, setelah berlalunya waktu bibit yang ditanam tersebut justru dapat berbuah dengan baik.

Kemudian dalam perkembangannya, tabulampot mengalami pertumbuhan yang lumayan pesat. Hal ini diantaranya disebabkan oleh sosoknya yang relatif tidak terlalu besar dan memiliki nilai estetika atau nilai keindahan yang tinggi sehingga membuat masyarakat terlebih mereka yang tinggal di daerah perkotaan dengan lahan yang sempit sangat tertarik untuk membudidayakannya. Tabulampot menjadi solusi bagi  mereka pecinta tanaman, namun memiliki keterbatasan lahan karena padatnya wilayah perkotaan.

Gayungpun bersambut, seiring dengan makin meningkatnya permintaan tanaman jenis ini, para pelaku pembibitan tanaman pun akhirnya mengakomodir tingginya permintaan tabulampot ini. Keadaan ini dapat terlihat dari makin banyaknya pelaku pembibit tanaman ini dan makin bervariasinya jenis buah yang dikembangkan dalam bentuk tabulampot. Tanaman buah yang dikembangkan sangat beragam, mulai dari yang tingkat kesulitan pembibitannya mudah, sedang, sampai yang relatif sulit sekalipun. Para pelaku tanaman rupanya makin merasa tertantang untuk mengembangkan jenis-jenis buah dalam pot agar makin bervariasi. Beberapa waktu terakhir ini bahkan muncul lagi istilah “tabulampot eksotis” yang memiliki nilai estetika tingga dengan harga jual yang cukup mahal.

Lalu, apa saja keuntungan memelihara tanaman buah dalam pot ini?, berikut beberapa diantaranya :

  1. Memaksimalkan pemanfaatan lahan sempit.
  2. Perawatan relatif mudah, termasuk dalam masalah penanganan hama pengganggu dan penyakit tanaman.
  3. Tanaman lebih mudah untuk dipindahkan dengan tingkat resiko kematian yang sangat kecil bahkan hampir tidak ada.
  4. Pemilik tanaman dapat memenuhi kebutuhan akan unsur hara dan air secara optimal.
  5. Penggunaan pupuk untuk tanaman sangat hemat karena setiap pemberian pupuk tersebut dapat terserap dengan maksimal oleh tanaman.
  6. Tidak merusak lingkungan atau bangunan di sekitarnya, sekalipun usia tanaman relatif tua.
  7. Pemilik lebih mudah mengatur masa pembungaan dan pembuahan. Bahkan jika pegaturannya baik, tanaman dapat berbuah sepanjang tahun.
  8. Menjadi hiasan yang indah, terlebih jika tanaman sudah terlihat berbuah.
  9. Buah dapat menjadi sumber gizi yang baik bagi keluarga.
  10. Dapat juga dijadikan sebagai tambahan penghasilan, yaitu dengan menjualnya ke konsumen yang membutuhkan.
Bagaimana, menarik bukan untuk memiliki tanaman buah dalampot ini?

Jika anda berminat untuk memilikinya, namun anda memiliki keterbatasan waktu, anda dapat memiliki tabulampot berbagai jenis buah ini dengan menghubungi kontak pada web ini, atau anda klik disini.


Salam hangat,

Nuansa Taman Bandung






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Bibit Tanaman Buah | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy