Selasa, 01 November 2016

Tabulampot Klengkeng

Tabulampot Berbuah Lebat

Klengkeng merupakan salah satu buah manis yang digemari banyak orang. Buah yang memiliki tekstur dan bentuk yang sama dengan rambutan ini sangat unik. Buah kelengkeng punya bentuk yang lebih kecil dibandingkan rambutan. Rasanya yang manis membuat semua orang ingin memiliki sendiri tanaman buah ini di rumah melalui sistem tabulampot klengkeng.

Sistem tanam tabulampot buah jenis ini kini banyak sekali peminatnya. Mengingat lahan yang tidak harus luas atau bahkan tidak memiliki lahan pun dapat menanam tanaman klengkeng. Tanaman cukup ditanam dalam pot berukuran besar.

Tabulampot klengkeng menjadi sangat menarik saat sudah berbuah. Buahnya yang lebat dalam pot tentu akan menggoda setiap orang yang memandang. Lalu bagaimanakah cara kita untuk mendapatkan hasil buah kelengkeng yang melimpah dengan sistem tabulampot ini? Silahkan simak sekilas tips di bawah ini :

1. Lakukan pemupukan

Proses pemupukan ini merupakan satu hal yang penting dalam proses perawatan tanaman kelengkeng dalam pot agar berbuah lebat.  Gunakan pupuk dengan komposisi pupuk cair KClO3 1liter, NPK 1 kg, dan larutan asam amino ¼ liter. Campur secara merata ketiga pupuk tersebut . pisahkan dalam 5 bagian dan masing-masing bagian dilarutkan dalam 2 liter air.

Selain metode pemupukan, ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mendapat hasil buah yang lebat pada tabulampot klengkeng . Siram tanaman dengan menggunakan bekas air cucian daging. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kandungan zat yang ada dalam daging tersebut sebagai pemicu munculnya bunga. Caranya, campurkan air cucian daging tersebut dalam air. Perbandingannya, minyak ikan 5ml dan air 500ml.

2. Perlu melakukan perundukan

Cara perundukan juga dapat Anda lakukan sebagai upaya mendapatkan banyak tunas pada tanaman tabulampot buah jenis ini. Caranya dengan menarik salah satu cabang sekunder yang bagus ke bawah menggunakan kawat. Dengan cara ini, Anda akan mendapati bakal bunga baru tumbuh beberapa minggu sesudah dilakukan perundukan.

3. Pemangkasan pada tanaman

Cara membuat tanaman tabulampot klengkeng Anda berbuah lebat yaitu dengan pemangkasan. Lakukan pemangkasan dengan pola 1-3-9. Pola ini maksudnya adalah membiarkan batang pohon utama cukup satu saja dengan panjangnya 75cm hingga 100cm.
Sedangkan untuk cabang primer biarkan sebanyak 3 cabang dan 9 cabang primer. Masing-masing cabang tersebut memiliki panjang 30cm hingga 50cm. pemangkasan pada cabang primer akan membantu munculnya cabang tersier dan bakal bunga majemuk calon buah. Selain itu, pangkas cabang yang tidak produktif dan kering.

4. Melakukan stres air

Cara lain untuk dapatkan tanaman kelengkeng cepat berbuah, yang dapat Anda lakukan yaitu dengan stres air. Caranya dengan membiarkan tanaman tabulampot klengkeng berada di ruang terbuka dan terpapar sinar matahari. Biarkan hingga tampak kering dan menunjukkan tanda-tanda layu.

Biarkan tanaman demikian selama 3 hingga 4 hari tanpa disiram. Jika sudah terlihat akan layu maka segera lakukan penyiraman hingga segar kembali. Lakukan hingga 6  minggu sampai muncul bakal bunga baru.

Demikian uraian singkat ini, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Bibit Tanaman Buah | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy