Selasa, 01 November 2016

Tabulampot Anggur

Tabulampot Buah Anggur

Apa yang menarik dari tabulampot anggur? Pasti tampilannya yang begitu unik di dalam pot dengan buah begitu lebat akan membuat siapa saja tertarik. Apa nnda termasuk yang tertarik? Jika demikian, sebetulnya bisa saja Anda membuatnya sendiri di rumah.

Terlebih jika saat ini Anda memiliki lahan sempit atau tidak memiliki pekarangan rumah yang memadai. Jadi tabulampot buah anggur bisa jadi pilihan. Memang banyak juga tanaman buah lain yang bisa di tanaman dalam pot. Tapi buah anggur memang selalu memiliki pesona tersendiri jika ditanam dalam pot.

Perlu kita tahu ya bila menanam anggur dalam pot juga perlu langkah serta trik yang tepat. Intinya biar tabulampot buah anggur yang kita tanam itu bisa tumbuh subur dan dapat tumbuh lebat buahnya. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menanam dan merawat anggur di dalam pot.

Sekilas Persiapan Menanam Tabulampot Anggur

Proses menanam tabulampot anggur tentu melewati tahapan persiapan dahulu. Persiapan yang harus Anda lakukan adalah persiapkan pot sebagai media utama. Diameter pot yang tepat sebaiknya ukuran 30 cm dan tingginya 40 cm. Namun bisa juga Anda gunakan pot dengan ukuran lebih besar.

Tahap berikutnya yaitu memasukkan media tanam ke dalam pot. Komposisi yang harus dilakukan adalah mencampur pasir dan pupuk kandang. Perbandingan komposisinya adalah 1:1. Siram dengan air, tujuannya biar media tanam menjadi padat.

Saat menanam bibit anggur sebaiknya masukkan ke dalam media tanam hingga 5 cm di bawah bibir pot. Perhatikan juga ya tingkat keasaman dari media tanam tersebut. tingkat keasaman budidaya anggur adalah 7.

Sekilas Pembibitan Serta Penanaman Tabulampot Anggur

Bibit tanaman anggur yang baik sebaiknya diambil secara stek atau hasil cangkokan. Mengapa demikian? Karena tanaman anggur baru nanti akan dapat sama persis dengan induknya. Selain itu akan lebih cepat berbuah daripada yang berasal dari biji.

Ukuran batang anggur yang bagus sebaiknya pilih yang sebesar pensil dan memiliki 2 lembar daun. Penanaman sebaiknya lakukan saat sore atau pagi hari ya. Siram media tanam hingga jenuh air.

Jangan lupa untuk memasang penyangga saat tanaman tabulampot anggur sudah mulai tumbuh subur. Ini dilakukan agar batang tanaman buah anggur tidak patah. Gunakan penyangga baik itu berupa kayu atau besi.

Pemeliharaan dan Perawatan Tabulampot Anggur

Proses pemeliharaan dan perawatan tabulampot buah anggur juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Pemupukan juga menjadi satu proses pemeliharaan yang rutin dilakukan. Dapat menggunakan pupuk anorganik atau organik.

Selain itu, juga harus memperhatikan  pemangkasan bagian daun, cabang tanaman anggur dalam pot. Proses pemangkasan ini dapat dilakukan saat tanaman berusia 1 tahun. Lakukan pemangkasan ketika akan memasuki akhir musim penghujan. Ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan tunas dengan cepat.

Saat tabulampot anggur sudah berbuah, maka hal yang penting dilakukan adalah penjarangan dan pembungkusan. Kalau untuk proses penjarangan bisa dilakukan setelah 2 bulan pemangkasan atau bisa saat ukuran buah anggur sebesar kelereng. Bungkus buah anggur sebulan sebelum panen ya. hal ini bertujuan untuk menghasilkan buah lebih manis.

Semuanya mudah bukan untuk dilakukan. Tinggal bagaimana kita melakukan cara budidaya tabulampot anggur itu ya. Yang terpenting Anda melakukannya dengan benar dan telaten.

Adapun bagi anda yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengembiakkan tabulampot buah ini, anda dapat membelinya dari kami dengan menghubungi :

Dikdik Irianto
Telp/WA : 081288444459

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Bibit Tanaman Buah | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy