Selasa, 01 November 2016

Jual Tanaman Buah Cangkokan

Teknik Pencangkokan

Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengembangbiakkan tanaman. Salah satunya ialah metode cangkok. Bagi Anda yang gemar melakukan budidaya tanaman, tentu sudah sangat akrab dengan metode yang satu ini. Cangkok merupakan alternatif menanam tumbuhan yang baik selain menanam menggunakan biji. Jika Anda tak ingin repot mencangkok tanaman buah sendiri, maka datang saja ke tempat yang jual tanaman buah cangkokan.

Jenis tanaman buah yang dapat dicangkok

Terdapat beberapa jenis tanaman buah yang dicangkok. Jika Anda belum mahir bermain metode cangkok, maka hal dasar seperti ini harus Anda ketahui. Di produsen yang menjual tanaman buah dengan metode cangkok, Anda akan sering menemui tanaman-tanaman berikut, d antaranya:
  1. Pohon Mangga
  2. Jambu,
  3. Apel,
  4. Jeruk, serta
  5. Sirsak.
  6. Dan tanaman masih banyak jenis buah lainnya

Keuntungan melakukan metode cangkok

Selain mengenal aneka tanaman buah yang dapat dicangkok, Anda harus mengetahui juga keuntungan sistem cangkok. Sehingga akan mempermudah perburuan tanaman buah pada yang menjual tanaman buah hasil cangkokan. Keuntungan tersebut ialah :
  1. Tanaman hasil metode cangkok akan memiliki buah yang jauh lebih lebat jika dibandingkan dengan tanaman yang ditanam melalui perantara biji.
  2. Selain itu, tanaman akan lebih cepat proses berbuahnya.
  3. Umumnya mempunyai ukuran pohon yang tak setinggi pohon yang ditanam dengan biji. Ini akan menjadi sangat menguntungkan jika tempat budidayanya di wilayah perkotaan atau area dengan lahan yang kurang luas.
  4. Sifat dari pohon cangkokan akan sama seperti pohon induk. Jika Anda mencangkok pohon jambu maka hasil cangkokan akan berupa pohon jambu pula.

Dengan demikian, maka Anda dapat segera mendatangi tempat yang menjual tanaman buah-buahan. Namun yang perlu dipahami, setiap kelebihan tentu akan dibarengi oleh kekurangan. Metode cangkok pun demikian, terdapat beberapa kekurangan yang meliputi:

  1. Tanaman yang ditanam menggunakan sistem cangkok akan mudah tumbang jika terkena angin kencang.
  2. Tanaman cenderung mempunyai umur yang singkat daripada tanaman yang ditanam dengan media biji.
  3. Memiliki risiko akar pohon terkena jamur. Sehingga akar berpotensi untuk mudah busuk.
  4. Memerlukan ketelatenan mulai dari mencangkok hingga merawat pohon, terutama pada bagian batang. 
Jika Anda masih sangat awam dengan teknik mencangkok, maka anda dapat bertanya kepada penjual tanaman buah tentang cara merawat tanaman yang menggunakan sistem cangkok sewaktu menanamnya, dan antisipasi yang dapat dilakukan untuk meminimalisir resiko-resiko seperti yang telah disebutkan. Dengan demikian, Anda akan terhindar dengan cara merawat tanaman yang salah.

Apabila dalam merawat tanaman cangkok salah, tentu saja akan berpotensi membuatnya mati atau tidak tumbuh dengan subur. Oleh sebab itu, perlu melakukan pertukaran wawasan dengan mereka yang faham teknik mencangkok, atau para penjual tanaman buah agar meminimalisir risiko tanaman cangkok akan mati ataupun tidak dapat berkembang dengan baik.

Jika dilihat dari sisi percepatan pertumbuhan buah, sebenarnya ada metode yang lebih baik dari metode cangkok dalam mengembangbiakkan tanaman buah, yaitu metode okulasi. Jika pencangkokan dilakukan dengan cara perbanyakan vegetatif yaitu proses menumbuhkan akar pada satu bagian tanaman pada saat tanaman itu masih tersambung dengan tanaman induk, maka teknik okulasi dilakukan dengan menempelkan sepotong kulit pohon yang bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan kulit pohon lain dari batang bawah, sampai tumbuh bersatu dan menjadi tanaman yang baru.

Seperti yang telah disebutkan diatas, kelebihan teknik okulasi dalam mengembangbiakkan tanaman buah adalah kecepatan masa berbuah tanaman tersebut. Dan jika dilihat secara umum, maka cangkok dan okulasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi anda yang berminat untuk memiliki tanaman buah baik itu tanaman buah biasa ataupun tanaman buah dalam pot, kami menyediakan berbagai tanaman buah yang kami kembangbiakkan baik dengan cara pencangkokan, maupun okulasi yang dapat meningkatkan mutu atau kualitas tanaman dari sebelumnya. Intinya, kami juga jual tanaman buah cangkokan. Semuanya tergantung selera anda dalam memilih. Untuk itu anda dapat menghubungi :

Dikdik Irianto
Telp/WA : 081288444459

Anda dapat bertanya seputar tanaman buah, maupun seputar stock tanaman buah yang anda inginkan. Jadi, jangan sungkan untuk menghubungi kami..

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Bibit Tanaman Buah | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy