Rabu, 26 Oktober 2016

Harga Bibit Buah Naga

Bibit Buah Naga

Buah naga adalah buah yang sangat digemari oleh masyarakat. Rasanya yang manis, segar serta memiliki kandungan vitamin tinggi menjadi keunggulan buah naga. Buah naga biasanya diolah sebagai campuran es buah atau soup buah. Buah yang memiliki banyak biji ini memiliki harga yang cukup bervariasi, namun Anda bisa lebih hemat lagi jika menanamnya sendiri karena harga bibit buah jenis ini termasuk relatif murah jika dibandingkan dengan bibit buah lainnya.

Harga bibit tanaman buah berdasarkan jenisnya

Harga bibit buah naga tergantung dari jenis atau  varietas buah naga yang dihasilkan. Secara umum, ada 4 jenis varietas buah naga, yaitu buah naga merah, buah naga putih, buah naga orange dan buah naga kuning. Dari 4 jenis buah naga ini, buah naga orange menempati harga bibit buah jenis buah naga yang paling mahal.

Bibit buah naga orange dipatok lebih mahal karena jenis buah naga ini memang masih sangat langka. Masih sangat sedikit petani yang membudidayakan buah naga orange karena masa tanamnya yang mencapai 2 tahun sebelum masa panen, padahal jenis buah naga yang lain hanya memerlukan waktu 8 hingga 9 bulan untuk berbuah.

Keunggulan lain dari buah naga orange adalah rasanya yang lebih manis dan lebih segar dibandingkan buah naga jenis lainnya. Tidak hanya itu, buah naga orange juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih banyak.

Saat ini harga bibit buah jenis ini berkisar antara 10000  hingga 50000 tergantung pada jenisnya. Bibit buah naga merah termasuk jenis bibit yang paling murah dibanding  jenis lainnya, setelah itu kemudian bibit buah naga kuning, lalu bibit buah naga putih dan yang paling mahal adalah bibit buah naga orange. Sebagai catatan, harga bibit buah jenis ini bisa berbeda antara petani satu dan petani lainnya (harga diatas hanyalah kisaran harga rata-rata).

Cara menanam bibit buah naga

Meski harga bibit buah ini tergolong murah, bukan berarti Anda bisa asal tanam. Diperlukan teknik khusus agar bibit yang ditanam menghasilkan buah berkualitas. Teknik tanam bibit buah naga yang benar adalah sebagai berkut :

  1. Angin-anginkan bibit buah naga. Tujuannya adalah agar luka potongan bibit kering.
  2. Semprot bagian luka dengan fugisida agar tidak menjamur saat ditanam.
  3. Tanam pada tanah yang tak terlalu lembab. Pastikan tanaman buah naga mendapatkan sinar matahari yang cukup karena pada dasarnya buah naga adalah tanaman gurun.


Setelah buah naga tertanam, simpan tanaman 3 hari sekali dan jangan terlalu banyak. terlalu banyak menyiram justru akan membuat batang dan akar tanaman membusuk. Jika cara menanam dan perawatan dilakukan dengan benar, buah naga bisa menghasilkan buah selama 7 hingga 10 tahun dengan masa panen pada bulan Oktober hingga April.

Demikian sedikit uraian dari kami, semoga bermanfaat..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Bibit Tanaman Buah | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy