Rabu, 26 Oktober 2016

Harga Tanaman Buah Dalam Pot

Tabulampot Jeruk Lemon

Berkebun adalah hobi yang saat ini sedang naik daun. Berkebun bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan menanam langsung tanaman pada lahan kosong atau dengan menanam dalam pot. Berbicara tentang aktivitas menanam dalam pot, saat ini ada cara menanam yang sedang booming, yaitu tabulampot atau tanaman buah dalam pot. tabulampot dinilai lebih praktis terutama bagi yang ingin berkebun tapi tak memiliki lahan. Selain itu harga tanaman buah dalam pot juga cukup terjangkau.

Melalui teknik tabulampot, pohon yang sebelumnya memiliki ukuran besar bisa disulap menjadi pohon mini namun tetap bisa menghasilkan buah. Hal seperti ini menjadi keunikan tersendiri sehingga tabulampot juga sering dijadikan sebagai tanaman hias.

Tabulampot atau non-tabulampot, mana yang lebih baik?

Jika dinilai dari segi kualitas, tabulampot dan non-tabulampot memiliki kualitas yang sama. Hanya saja, tabulampot lebih indah jika dipandang. Buah yang dihasilkan umumnya juga memiliki rasa yang sama. Buah yang dihasilkan oleh tabulampot akan sama persis dengan buah yang dihasilkan induknya. Oleh karena itu, pilihlah bibit tanaman yang berasal dari induk berkualitas meskipun harga tanaman buah dalam pot jenis ini biasanya dipatok dengan harga lebih mahal.

Harga tanaman buah dalam pot

Berbicara masalah harga, harga tanaman buah dalam pot sangatlah beragam. Harga yang dipatok bervariasi tergantung pada tanaman apa yang dibibitkan. Selain itu, kualitas induk dan teknik penanaman juga sangat mempengaruhi harga. Jika tanaman ditanam dengan teknik sambung, harganya akan lebih murah dibandingkan dengan harga tabulampot yang ditanam dengan teknik cangkok.

Harga tabulampot rata-rata berkisar antar puluhan ribu hingga ratusan ribu. Berikut kisaran beberapa harga tanaman buah dalam pot di pasaran yang beberapa waktu belakangan ini banyak diincar oleh pecinta tanaman buah :

1. Tabulampot Delima
Delima red rubby (135.000)
Delima merah (75.000)
Delima merah mini (65.000)
Delima putih (75.000)
Delima turki giant (130.000)
Delima hitam (75.000)

2. Tabulampot Sirsak
Sirsak madu (95.000)
Sirsak kuning (80.000)

3. Tabulampot Kedondong
Kedondong hijau (55.000)
Kedondong bangkok (68.000)
Kedondong merah (125.000)

4. Tabulampot Rambutan
Rambutan binjai (55.000)
Rambutan aceh (50.000)
Rambutan rapiah (100.000)

5. Tabulampot Pepaya
Pepaya california (35.000)
Pepaya bangkok (35.000)

6. Tabulampot Nangka
Nangka mini (50.000)
Nangkadak (75.000)
Nangka tanpa kulit (95.000)
Nangka merah (95.000)
Nangka madu (50.000)

7. Tabulampot Pir
Pir hijau (70.000)
Pir kuning (70.000)


Harga tabulampot seperti yang dicantumkan di atas adalah harga rata-rata pasar. Jadi, harga di atas bukan patokan pasti. Harga tabulampot bergantung pada kualitas tanaman, usia, dan apakah tabulampot yang dijual sudah berbuah atau belum. Selain itu, harga bisa lebih mahal dan bisa saja lebih murah karena pedagang biasanya menetapkan harga tawar. Artinya, Anda selaku pembeli masih bisa menawar dengan harga yang lebih murah. Dan jangan lupa, harga juga dipengaruhi oleh tempat anda membeli tabulampot.

Demikian, semoga bermanfaat..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Bibit Tanaman Buah | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy